Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Apa saja Manfaat Buah Mengkudu? Mengkudu, tanaman dengan nama latin Morinda citrifolia ini termasuk dalam famili Rubiaceae. Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan beragam untuk mengkudu ini. Diantaranya Pace, Kemudu, Kudu, Cangkudu, Kodhuk, Wengkudu dan mungkin masih banyak lagi. Buah mengkudu jika masih mentah sering digunakan sebagai campuran rujak. Sementaranya buah yang masak digunakan untuk pengobatan. Pohon mengkudu memiliki tinggi pohon antara 3-8 m dan memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Manfaat buah mengkudu, walaupun baunya tidak sedap tetapi buah mengkudu yang masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah Mengkudu memiliki kandungan beberapa zat didalamnya, diantaranya morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol. Manfaat buah mengkudu yang sangat baik dan sudah lama dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan Bangsa Polinesia telah menggunakan buah mengkudu selama ribuan tahun untuk membantu mengobati berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, luka bakar, radang sendi, tumor dan infeksi. Hal ini tidak terlepas dari manfaat buah mengkudu yang sangat mengagumkan untuk kesehatan.

Manfaat Buah Mengkudu


Manfaat Buah Mengkudu


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk pengobatan:

1. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengatasi Hipertensi

Mengkudu bisa mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya, ambil 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini secara teratur dan rutin diminum dua hari sekali.

2. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Menyembuhkan Batuk

Buah Mengkudu dari dulu dipercaya bisa mengobati batuk. Caranya dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

3. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Obat Sakit Perut

Bila Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

4. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Penyakit Kuning

Ambil 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

5. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Demam, Masuk Angin dan Flu

Pilih 1 buah mengkudu yang telah masak. Rebus bersama 1 rimpang kencur  dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

6. Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk menghaluskan kulit wajah yang berminyak. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.


Lihat juga Manfaat Kulit Pisang

Demikian mengenai manfaat Buah Mengkudu bagi kesehatan. Anda bisa membaca manfaat-manfaat lainnya bisa memalui kolom pencarian sesuai dengan yang anda inginkan. Salam.

Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan | Belinda Rosa | 5

0 komentar:

Posting Komentar