Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Apa saja Manfaat dan Kelor? Kelor, dengan nama latin Moringa oeifera Lamk ini termasuk dalam keluarga Euphorbiaceae. Daun Kelor ini berasal dari tanaman perdu, masyarakat jawa biasanya menggunakan tanaman ini sebagai tanaman pagar yang juga sengaja ditanam sebagai tanaman obat. Bentuk daun yang kecil-kecil ini ternyata daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nutri yang terkadung dalam daun Kelor terdapat 7 kali lipat vitamin C dibanding dengan buah jeruk, 4 kali lipat kalsium daripada susu, 4 kali lipat vitamin A dibanding pada wortel, dan 3 kali lipat potasium yang terdapat pada buah pisang

Manfaat daun kelor memiliki senyawa aktif yang bisa digunakan sebagai obat, yaitu arginin, leusin, metionin dan beberapa senyawa lain. Sehingga daun kelor bisa berfungsi sebagai antidiabet, antioksidan dan antitumor. .Apa saja manfaat Daun Kelor? mari kita kupas satu persatu.

 manfaat Daun Kelor

 Manfaat Daun Kelor


Berikut ini beberapa cara memanfaatkan daun Kelor untuk mengobati penyakit, diantaranya:


Daun Kelor Dapat Mengobati Rematik, Nyeri dan Pegal Linu

Caranya, ambil 2 gagang daun kelor(bukan 2 helai, tapi dari gagangnya) lalu tumbuk halus ditambah setengah sendok makan kapur sirih. Hasil tumbukannya lalu gosok ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.


Daun Kelor Dapat Menyembuhkan Herpes dan Luka Bernanah

Caranya, Ambil tujuh gagang daun kelor, cuci, lalu tumbuk sampai halus. Hasil tumbukan tempelkan pada bagian yang luka sebagai obat luar.

Daun Kelor Dapat Menghilangkan Flek Wajah

Caranya, ambil beberapa lembar daun kelor muda, ditumbuk sehalus mungkin dan gunakan sebagai bedak atau dicampur dengan bedak wajah.

Daun Kelor Dapat Menghancurkan Batu Ginjal

Gunakan daun kelor sebagai campuran sayur bening, dimakan rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan, batu ginjal akan luruh dan keluar bersama air kencing.

Daun Kelor Dapat Mengobati Sakit Kuning

caranya, ambil  5 atau 7 gagang daun kelor kemudian cuci bersih. Setelah itu tumbuk hingga halus dan tambahkan satu gelas air kelapa. Setelah disaring, tambahkan satu sendok makan madu dan aduk hingga rata. Minum ramuan ini satu hari sekali hingga penyakit kuning tersebut benar-benar sembuh.

Daun Kelor Dapat Mengobati Kolesterol Tinggi dan Diabetes Mellitus

Caranya ambil 7 gagang daun kelor dan cuci bersih, kemiduan Daun kelor direbus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Kemudian, air rebusan disaring dan diminum dua kali sehari. Lakukan secara rutin sampai penyakit sudah tidak terasa atau tidak kambuh lagi.


Catatan Penting:
Manfaat Daun Kelor memang banyak terbukti menghilangkan beberapa masalah kesehatan, tetapi jangan gunakan secara berlebihan, karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak daun kelor dapat menyebabkan kerusakan hati, ginjal dan pembentukan sperma jika dosis melebihi 1000 Mg/kg BB.

 Lihat Juga Manfaat Buah Mengkudu

Demikian mengenai Manfaat daun Kelor untuk kesehatan dan pencegahan penyakit. Khasiat daun kelor memang belum banyak diketahui orang, tetapi obat alami jauh lebih baik daripada obat kimia. Salam sehat.


Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan | Belinda Rosa | 5

0 komentar:

Posting Komentar