Daun Sirih Hijau Mengobati Bronkitis dan Penyakit Lainnya

Apa Manfaat Daun Sirih? Sirih, meurpakan tanaman merambat dengannama latin Piper betle L. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Sirih merupakan tanaman asli Indoensia yang memiliki banyak sekali manfaat, daun sirih juga memiliki warna yang berbeda-beda yaitu warna hitam, hijau dan merah, namun yang paling populer di masyarakat adalah daun sirih yang berwarna hijau dan merah. Sirih merah banyak digunakan sebagai tanaman hias karena warnanya yang menarik.

Sirih memiliki ciri yang sangat unik. Dengan aroma yang khas saat diremas, daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, dan bertangkai. Panjang batang umumnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Sebagai budaya di daerah tertentu di Indonesia daun sirih dan buahnya biasa di makan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur, Kegiatan ini biasa disebut "nginang" dan masih di lakukan orang-orang tua hingga saat ini.

Khasiat Daun Sirih yang memiliki kandungan diantaranya, Fenil Propana, Minyak Atsiri, Hidroksikavicol, Estragol, Kavicol, Kavibetol, Allylpyrokatekol, Caryophyllene, Cyneole, Cadinene, Diastase, Tanin, Pati, Seskuiterpena, dan Gula. Minyak atsiri yang terdapat dalam daun sirih mengandung betlephenol dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, anti oksidasi dan fungisida, anti jamur, Itulah sebabnya sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga sifatnya mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan pendarahan. Nah untuk lebih jelasnya mari kita uraikan manfaat daun sirih dan cara penggunaannya:

Manfaat Daun Sirih


manfaat daun sirih


Berikut adalah beberapa Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Hijau untuk kesehatan :

1. Daun Sirih Untuk Mengobati Batuk

Caranya, ambil kurang lebih 20 helai daun sirih dan dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air. Tunggu sampai kadar air tinggal 3/4 saja. Lalu airnya tuang dalam gelas dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin, campurkan sedikiti madu.

2. Daun Sirih Untuk Mengobati Bronkitis

Caranya, ambil kurang lebih 10 helai daun sirih hijau lalu dicuci. Setelah itu rebus dengan 2 gelas air dan sedikit gula batu sesuai selera. Rebus hingga sisa air tinggal 1 gelas. Minum sehari 3 x 1/3 gelas rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Daun Sirih Hijau Untuk Mengobati Luka Bakar

Caranya, ambil beberapa lembar Daun sirih sesuai kebutuhan kemudian dicuci. Setelah itu dilumatkan dan diperas. Air hasil perasan dicampur dengan sedikit madu kemudian diborehkan di atas luka bakar tersebut.

4. Daun Sirih Untuk Menghentikan Mimisan

Caranya, ambil Sehelai daun sirih segar dan asih muda lalu cuci sampai bersih. Gulung helai daun sirih tersebut, tetapi sebelumnya tekan-tekan supaya mudah untuk digulung. Lalu sumbatkan gulungan pada hidung yang mimisan.

5. Daun Sirih Untuk Mengobati Gusi Berdarah

Caranya, ambil 5 helai daun sirih segar kemudian cuci. Setelah itu rebus dengan 2 gelas air. Gunakan air rebusan itu untuk berkumur secara rutin.

6. Daun Sirih Untuk Mengatasi Sariawan

Caranya, ambil 2 helai daun sirih segar lalu cuci. Kemudian kunyah daun sirih tersebut sampai lumat lalu biarkan beberapa saat dalam mulut. Setelah itu ampasnya dibuang.

7. Daun Sirih Untuk Mengobati Jerawat

Caranya, ambil kurang lebih 10 helai daun sirih segar kemudian cuci sampai bersih dan lumatkan. Seduh dengan 2 gelas air panas lalu disaring. Air hasil saringan digunakan untuk membilas muka. Gunakan setelah mandi atau saat muka bersih.

8. Daun Sirih Untuk Atasi Bau Mulut

Caranya, ambil kurang lebih 5 helai daun sirih kemudian cuci. Setelah itu rebus Daun Sirih dengan 3 gelas air. Setelah dingin, gunakan air rebusan tadi untuk berkumur. Lakukan rutin untuk hasil yang maksimal.

9. Daun Sirih Untuk Mengobati Asma

Caranya, ambil kurang lebih 20 helai daun sirih segar kemudian cuci. Setelah itu lumatkan. Kemudian campurkan dengan setengah gelas air matang dan peras dengan kain. Hasil perasan tadi, tambahkan 1 sendok teh madu asli kemudian aduk rata. Minum 1x sehari selama 2 minggu. Untuk penderita menahun, minum 2x sehari selama 3 minggu. Untuk usia anak-anak antara 5 – 12 tahun, setengah dosis saja.

10. Daun Sirih Untuk Mengobati  Demam berdarah

Caranya, ambil kurang lebih 30 helai daun sirih segar kemudian cuci. Lalu rebus dengan 4 liter air. Kemudian campurkan dengan air hangat yang akan digunakan untuk mandi. 

Lihat Juga Manfaat Kulit Manggis

Demikian mengenai Manfaat Daun Sirih Hijau bagi kesehatan. Anda bisa membaca manfaat-manfaat lainnya bisa memalui kolom pencarian sesuai dengan yang anda inginkan. Salam.




Daun Sirih Hijau Mengobati Bronkitis dan Penyakit Lainnya | Belinda Rosa | 5

0 komentar:

Posting Komentar