Beberapa Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

Apa manfaat dan khasiat daun jarak? Anda semua pasti sudah tahu teori bahwa menjaga kesehatan sangatlah penting untuk di miliki oleh setiap orang. Dengan menjaga tubuh agar selalu sehat, tentunya akan membantu Anda mendapatkan kemudahan dalam melakukan aktivitas dengan gesit dan energik.

Indonesia sendiri memiliki sangat banyak tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan maupun mengobati penyakit. Daun jarak menjadi salah satu jenis tanaman yang mampu memberikan kesehatan untuk Anda menjaga agar tubuh lebih sehat.

Tanaman Daun jarak memiliki tinggi batang antara 0- 800 meter di atas permukaan laut dan tinggi 2-3 meter. Selain itu, batang tanaman ini memiliki ciri dengan batang bulat licin, berongga, berbuku- buku, tumbuh berseling, dan memiliki daun yang runcing. Tahukah Anda bahwa daun jarak ternyata mengandung manfaat yang sangat luar biasa untuk membantu menjaga kesehatan Anda. Apa saja manfaat dan khasiat daun jarak?

Manfaat dan Khasiat Daun Jarak

Manfaat dan Khasiat Daun Jarak


Daun Jarak dapat mengobati berbagai penyaki, diantaranya:


1. Daun Jarak Mengobati Koreng dan Bekas Luka
Koreng atau bekas luka membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik , ditambah dengan ukuran koreng yang cukup besar. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat dan khasiat daun jarak yang di buat menjadi bubur kemudian ditambah dengan garam akan memberikan efek koreng hilang dan sembuh. Ketika pemakaian, aka nada rasa perih, sebaiknya Anda tahan agar obat bekerja sempurna. Ketika Anda memiliki luka bekas terkena benda tajam, luka bakar dan sebagainya, maka daun jarak dapat di jadikan sebagai solusi terbaik untuk memudahrkan bahkan menghilangkan koreng tersebut.

2. Daun Jarak Membantu yang Sulit melahirkan dan Retensi Placenta
Melahirkan adalah kondisi darurat, ada saja ibu yang merasa sulit untuk melahirkan karena factor tertentu. Dalam hal ini, khasiat daun jarak dapat dimanfaatkan sebagai perangsang ibu hamil. Daun jarak menjadi tanaman alternatif karena bisa memberikan kontraksi yang membuat bayi ingin keluar dengan mudah. Jadi, untuk Anda yang berada dalam kondisi ini, Anda dapat memanfaatkan daun jarak untuk mengatasinya.

3. Daun Jarak Menyembuhkan Kelumpuhan otot wajah
Kelumpuhan pada otot wajah bisa disebabkan karena penyakit atau kebiasaan Anda, salah satunya adalah terlalu sering terkena pendingin ruangan yang lama kelamaan membuat saraf sekitar wajah menjadi lemah. Untuk mengembalikan kekencangan otot wajah, Anda bisa memanfaatkan daun jarak. Lakukan hal ini secara rutin, maka kandungan yang terdapat pada daun jarak ini di jamin dapat mengatasi masalah Anda.

4. Daun Jarak Dapat Mengatasi Kanker Serviks
Siapa yang kini tidak tahu kanker serviks, kanker yang menyerang wanita ini menjadi momok yang menakutkan untuk kaum wanita. Bahaya kanker bisa kapan saja mengambil nyawa Anda dengan mudah. Untuk mengatasi masalah yang ini, daun jarak mampu mengatasinya. Hal ini karena kandungan dimethyl sulfoxide yang mampu menjaga daerah kewanitaan Anda dengan sempurna. Jadi, untuk para wanita sangat di anjurkan untuk memanfaatkan daun jarak ini untuk mencegah penyakit kanker serviks yang satu ini.

5. Daun Jarak Untuk Mengobati Perut Kembung
Daun jarak biasa juga di gunakan sebagai obat perut kembung, Hal ini sudah di lakukan oleh masyarakat sejak dahulu kala.

6.  Daun Jarak Dapat Menurunkan Panas Untuk Bayi Demam
Demam pada bayi jelas menimbulkan kepanikan, namun Anda bisa memanfaatkan daun jarak untuk mengatasinya.
  1.     Ambil 2 sampai 3 helai daun jarak yang sudah bersih.
  2.     Kemudian olesi minyak makan yang masih baru.
  3.     Panaskan daun di atas api kompor 2 menit sampai panas terasa merata.
  4.     Letakkan daun pada perut dan pungung bayi atau agar tidak mudah lepas, dapat dipasangkan dalam gurita bayi

7.  Daun Jarak Mengobati Kurap
Minyak jarak efektif mengobati kurap dan masalah kulit yang umum. Senyawa aktif yang disebut asam undesilenat ditemukan dalam minyak jarak, membantu mengobati kurap.
Caranya :
  •     Cuci daun jarak dalam air dan rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam dan panaskan.
  •     Terapkan di atas kulit yang terkena dampak dan tutup dengan kain katun.
  •     Tunggu hingga satu malam, sebelum di buka.
  •     Ulangi prosedur ini sampai sembuh sepenuhnya.

Jika menderita kram, iritasi usus, maag, diverticulitis, wasir, radang usus, prolapses, atau baru saja menjalani operasi, kemungkinan harus menghindari minyak jarak karena efek samping ini. Meskipun minyak jarak telah digunakan secara tradisional untuk membantu merangsang persalinan pada wanita hamil yang sehat, namun ditemukan rasa mual sebagai efek samping.

Lihat Juga Manfaat Daun Kelor

Demikianlah manfaat dan khasiat daun jarak yang bisa Anda lakukan di rumah. Daun jarak mungkin bisa Anda temukan di sekitar rumah Anda, jadi jangan biarkan begitu saja, Anda bisa memanfaatkannya untuk banyak treatment. Semoga bermanfaat.

Beberapa Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan | Solekhah Nur Hayati Widodo | 5

0 komentar:

Posting Komentar