Sembuhkan Rematik dengan Daun dan Akar Kelor

Apa manfaat dari daun kelor? Perlu Anda kenali terlebih dahulu, daun kelor merupakan daun yang bentuknya menyirip dengan ukuran helai daun yang kecil dan berbentuk oval telur. Warna daun kelor adalah hijau tua nyaris pucat. Biasanya pohon kelor tumbuh antara 3 sampai 10 meter. Tahukah Anda bahwa pada pohon kelor, nyaris semua bagiannya bisa dimanfaatkan? Mulai dari akar, kulit batang, daun hingga bijinya menyimpan rahasia manfaat yang luar biasa.

Ada riset yang mengatakan bahwa kulit batang kelor juga ampuh digunakan sebagai penawar racun ular dan kalajengking. Selain itu, mengoleskan ekstrak kulit batang kelor mampu mengatasi pembengkakan, sariawan, dan karang gigi. 

Buah kelor juga bermanfaat bagi kesehatan, diketahui bahwa buah kelor mengandung zat alkaloida morongiona yang bersifat merangsang pencernaan makanan sehingga meningkatkan nafsu makan. Selain itu, buah kelor juga dapat dimasak menjadi sayur asam yang lezat. Bunga

Bunga kelor pun memiliki manfaat, yaitu dengan merebus bunga kelor, airnya dapat digunakan untuk membantu mengatasi radang tenggorokan, flu dan cacingan. Biji

Biji kelor dapat digunakan sebagai penjernih air. Selain itu, biji kelor juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik, obat-obatan, serta sumber minyak goreng nabati. Biji kelor yang telah kering mengandung 40 persen lemak tak jenuh, jadi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif minyak sawit.

Daun kelor adalah salah satu jenis sayuran yang sudah dikenal masyarakat. Daun kelor sudah terkenal manfaatnya sampai ke luar negeri. Banyak penelitian yang sudah membuktikan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C yang ada di daun kelor lebih banyak dari sayur maupun buah lainnya. Selain itu, kandungan vitamin A dan potasium dalam daun kelor tergolong sangat tinggi. Maka, tidak heran apabila daun kelor dianggap sebagai tanaman ampuh yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.
Lalu apa saja Manfaat Daun Kelor?

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Daun Kelor Dapat Menyehatkan Kulit

Telah disinggung di atas, bahwa daun kelor mengandung vitamin C yang tinggi dan juga antioksidan yang tidak kalah tinggi, kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Daun kelor yang diolah menjadi sayur dan dikonsumsi secara rutin mampu menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Dengan menumbuk daun kelor dan menjadikannya sebagai masker wajah juga bisa membuat kulit wajah semakin halus dan cantik.

2.  Daun Kelor Dapat Mengatasi diabetes

Manfaat daun kelor yang lain adalah dapat mengatasi diabetes. Daun kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu, daun yang memiliki bentuk kecil ini juga dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Daun kelor yang diolah jadi sayur juga dapat mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

3. Daun Kelor Untuk Menyehatkan mata

Sudah disinggung juga bahwa daun kelor banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk mata. Konsumsi daun kelor setiap hari dapat membuat mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih. Selain itu, daun kelor juga mampu menyembuhkan penyakit mata, caranya dengan dikonsumsi secara langsung ataupun air rebusan daun kelor yang dibasuhkan pada mata yang sakit setiap hari sampai sembuh.


4. Daun Kelor Bisa Mencegah Kanker

Antioksidan dalam daun kelor sangat tinggi, dan daun kelor mengandung potasium yang banyak. Salah satu manfaat lain lagi dari daun kelor adalah dapat mencegah kanker. Daun kelor dapat memperlambat bahkan menghentikan dan menghilangkan kanker yang ada dalam tubuh.


5. Daun Kelor Mampu Mengobati rematik

Daun kelor mampu mengobati rematik. Manfaat daun kelor yang lain adalah dapat mengurangi rasa sakit pada sendi dan dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi sehingga dapat menyembuhkan rematik atau asam urat.

Daun kelor sekarang memang agak sulit untuk didapatkan, apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan, namun beberapa swalayan ada yang menjualnya. Tidak banyak yang mengetahui manfaat dan khasiat daun kelor yang luar biasa ini.Padahal daun kelor dapat mengobati penyakit-penyakit penting.

Manfaat Akar Kelor


Akar kelor mampu dijadikan sebagai obat dalam. Air rebusan akar kelor dipercaya dan terbukti mampu menyembuhkan rematik, epilepsi, skorbut, diuretikum, dan gonorrhoea. Selain itu, akar kelor juga dikenal sebagai peluruh air seni, peluruh dahak atau obat batuk, peluruh haid, penambah nafsu makan dan pereda kejang. Akar kelor yang ditumbuk halus sehingga dapat dibuat bedak digunakan untk tapel perut pada bayi yang baru lahir, pencegah iritasi kulit, obat penyakit kulit, serta sebagai parem untuk bengkak-bengkak pada penyakit beri-beri dan juga untuk pengobatan kaki yang terasa pegal dan lemah. Kulit Batang


Lihat juga Manfaat Daun Sirih


Kini, Anda sudah tahu manfaat dan khasiat daun kelor, Anda dapat memanfaatkan daun kelor dan bagian lain dari pohon kelor untuk mengobati penyakit Anda. Semoga bermanfaat.


Sembuhkan Rematik dengan Daun dan Akar Kelor | Solekhah Nur Hayati Widodo | 5

0 komentar:

Posting Komentar