Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Apa saja Manfaat daun Binahong? Binahong, dengan Bassela Rubra Linn ini termasuk dalam kelompok keluaraga Basellaceae. Dalam bahasa Inggris tanaman ini bernama Heartleaf Maderavine, sedangkan di Cina disebut Deng San Chi. Di Indonesia masih sedikit orang yang melirik keistimewaan dari tanaman ini. Binahong adalah tumbuhan dari alam yang bisa tumbuh dengan subur pada dataran tinggi ataupun dataran rendah. Tanaman merambat seperti gendola yang biasa terdapat di pagar atau gapura. Binahong konon diyakini berasal dari Korea, tapi lebih sering dikonsumsi oleh masyarakat Vietnam ketika berperang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sama 1970 an. Sementara di daerah orang-orang yang bermata sipit, China, tumbuhan ini sudah dijadikan sebagai bahan penambah nafsu makan.

Manfaat daun binahong ini telah banyak digunakan sebagai tanaman obat oleh bangsa Tiongkok, Korea dan Taiwan sejak ribuan tahun yang lalu. Selain daunya akar, batang dan umbi dari tanaman binahong ini bisa digunakan sebagai obat. Walaupun namanya tidak setenar tumbuhan lain, binahong memiliki banyak keampuhan untuk menyembuhkan banyak penyakit. Khasiat daun binahong sangat luar biasa untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Kandungan yang terdapat di daun Binahong cukup banyak di antaranya antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Saat ini daun binahong telah banyak diolah menjadi berbagai macam obat maupun kosmetik. Kita dapat dengan mudah menjumpai teh yang dibuat dari daun binahong. Teh daun binahong diolah dari daun binahong yang dikeringkan, jika kita ingin mengknsumsinya kita hanya perlu menyeduhnya dengan air panas.Apa saja manfaat Daun Binahong? mari kita kupas satu persatu.

Manfaat Daun Binahong

Manfaat Daun Binahong


Berikut ini beberapa cara memanfaatkan daun binahong untuk mengobati penyakit, diantaranya:

1. Daun Binahong Untuk Mengobati Jerawat

Caranya, 5 daun binahong atau lebih lalu tumbuk sampai hancur. Kemudian oleskan pada wajah secara teratur. Ada baiknya jika dioleskan sesaat sebelum tidur. Ulangi sampai wajah terlihat halus. Untuk hasil yang lebih maksimal, daun binahong direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Bisa tambahkan madu agar terasa lebih enak. Lalu diminum.

2. Daun Binahong Sebagai Antiseptik Pada Luka

Daun binahong mengandung antiseptik, jadi  bisa digunakan sebagai obat luka berdarah yang disebabkan oleh goresan benda tajam. Jika anda teriris pisau dapat diatasi dengan memanfaatkan daun binahong yang dengan mudah dapat digunakan sebagai langkah awal mengobati luka berdarah, caranya ambil beberapa daun binahong kemudian bersihkan dengan air bersih lalu remas – remas sampai berlendir atau kunyah hingga halus dan segera tempelkan pada bagian yang luka, tidak lama kemudian luka berdarah segera kering dan tidak mengeluarkan darah lagi.


3. Daun Binahong Untuk Mencegah Penyakit Stroke dan Asam Urat

Manfaat daun binahong lainnya adalah untuk pencegahan penyakit aliran darah, seperti mencegah penyakit stroke, meringankan asam urat dan mengatasi masalah kolesterol. Bagi yang memiliki masalah penyumbatan darah, Stroke yang merupakan penyakit yang sangat mematikan dan melemahkan tubuh, juga kolesterol tinggi, anda bisa mengkonsumsi Daun Binahong ini. Caranya ambil 5-6 helai daun, lalu cuci kemudian rebus dengan 2 air gelas. Tunggu sampai air tinggal 1 gelas kemudian minum secara rutin.

Selain daunnya, umbi Binahong atau rimpang tanaman binahong juga berkhasiat sebagai obat. Caranya, ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari. Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.

 Lihat Juga Manfaat Daun Sirih

Demikian mengenai Manfaat daun binahong untuk kesehatan dan pencegahan penyakit. Khasiat daun binahong memang belum banyak diketahui orang, tetapi obat alami jauh lebih baik daripada obat kimia. Salam sehat.

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan | Belinda Rosa | 5

0 komentar:

Posting Komentar