Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Apa manfaat dari daun kemangi? Anda pastinya mengenal kemangi, daun yang sering ditemukan di lalapan. Aroma daun kemangi memang khas dan kuat, dan juga lembut seperti aroma limau. Daun kemangi adalah salah satu bumbu untuk masakan nusantara, sering ditemukan dalam masakan pepes. Namun umunya daun kemangi digunakan sebagai lalapan, daun kemangi biasanya disajikan bersama dengan daun kubis, irisan mentimun, dan juga sambal untuk hidangan ayam atau ikan goring dan menu lauk goring lainnya.

Sesuai dengan namanya, daun kemangi jika dihidangkan dengan lalapan lain, aromanya tercium lebih wangi. Daun kemangi memiliki tekstur yang kecil dan hampir mirip dengan seledri, namun tidak sedikit orang yang tidak menyukai daun kemangi karena rasanya memang agak getir.

Kemangi adalah anggota dari keluarga daun mint yang digunakan sebagai tanaman obat. Sedangkan, ekstrak  daun kemangi dipercaya memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Daun kemangi juga menawarkan manfaat sehat untuk pembekuan darah dengan adanya vitamin K. Daun kemangis ebanyak dua sendok kemudian dicincang akan memenuhi 27% dari seluruh rekomendasi vitamin K, serta vitamin A, mangan, dan magnesium yang diperlukan untuk tubuh.

Apa saja manfaat daun kemangi?

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi


Manfaat Daun Kemangi

  • Kemangi bisa Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat dan khasiat daun kemangi pertama sebagai penjaga kesehatan mata. Daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang memang mampu menjaga kesehatan mata. Cara konsumsi daun kemangi ini bisa dalam bentuk minuman atau bisa juga Anda makan mentah langsung bersama nasi. Walaupun vitamin A yang ada di dalam daun kemangi tidak sebanyak vitamin A yang ada dalam wortel, tapi jumlah yang ada di dalam daun kemangi masih cukup untuk bisa menjaga kesehatan mata.

  • Kemangi dapat Mengatasi Bau Mulut
Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui tentang manfaat dan khasiat daun kemangi yang satu ini, daun kemangi sangat ampuh menghilangkan masalah bau mulut. Tidak hanya bau mulut, daun kemangi juga dapat mengatasi bau badan yang tidak enak. Maka, banyak ramuan tradisional yang menggunakan daun kemangi guna menghilangkan masalah bau mulut dan bau badan.

  • Manfaat Kemangi Melawan Menopause Dini
Tidak hanya aromanya saja yang wangi, daun kemangi adalah tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat penunda menopause. Daun kemangi adalah daun yang mengandung triptopan yang bisa menghambat datangnya menopause. Oleh karena itu, apabila Anda ingin lebih lambat atau menghambat datangnya menopause, ada baiknya Anda mengkonsumsi daun kemangi setiap hari secara rutin. Tidak hanya itu, zat triptofan yang terkandung di dalam daun kemangi juga bisa menghambat terbentuknya keriput pada kulit dan juga mengangkat sel kulit mati.

  • Khasiat Daun Kemangi Mengobati Batuk dan Pilek
Manfaat dan khasiat daun kemangi berikutnya adalah untuk mencegah batuk dan pilek. Daun kemangi mengandung zat yang dapat menjauhkan bakteri penyebab batuk dan pilek dari tubuh Anda. Manfaat daun kemangi tersebut bisa Anda dapatkan dengan meminum air rebusan kemangi. Selain mampu mengobati batuk dan pilek, daun kemangi juga dapat menghangatkan tubuh.

  • Manfaat Daun Kemangi Mengobati Keputihan
Kandungan daun kemangi salah satunya adalah antibiotik. Antibiotik inilah yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Cara memanfaatkan daun kemangi untuk menghilangkan keputihan adalah dengan makan daun kemangi yang masih mentah bersama nasi. Selain bisa menghindari Anda dari keputihan, daun kemangi juga bisa menjaga aroma alat reproduksi agar tetap enak baunya.

  • Kemangi untuk Antiradang
Manfaat dan khasiat daun kemangi selanjutnya adalah sebagai anti radang, karena daun kemangi mengandung zat cineole myrcene dan eugenol yang memiliki peran sebagai antibiotik alami di dalam tubuh. Antibiotik itu berperan penting untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Oleh karena itu, konsumsi daun kemangi bisa membuat Anda terhindar dari peradangan.

  • Kemangi Mampu Menjaga Kesehatan Jantung
Daun wangi ini juga memiiki manfaat dan khasiat sebagai obat untuk kesehatan jantung. Karena daun kemangi memiliki kandungan betakaroten dan magnesium yang tinggi. Maka, jika Anda mengkonsumsi daun kemangi, jantung Anda akan tetap terjaga kesehatannya. Anda bisa mengkonsumsi daun kemangi dalam bentuk daun yang masih mentah atau dijadikan minuman hangat.

Lihat Juga Manfaat Buah Mengkudu

Itulah manfaat dan khasiat daun kemangi untuk kesehatan Anda. Cara sederhana di atas bisa Anda terapkan di rumah dan kapan saja tanpa harus kesulitan mendapatkan bahannya, karena daun kemangi sangat mudah ditemukan. Anda bisa menemukan daun kemangi di pasar tradisional bahkan swalayan sekalipun. Demikianlah artikel mengenai manfaat dan khasiat daun kemangi. Terima kasih.
Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan | Solekhah Nur Hayati Widodo | 5

0 komentar:

Posting Komentar