Manfaat dan Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Apa saja manfaat daun seledri? Seledri pasti sudah menjadi sahabat bagi ibu rumah tangga karena setiap hari di dapur, pasti ibu bertemu dengan daun seledri. Daun seledri sering juga digunakan untuk bumbu penyedap dalam masakan yang berkuah, daun seledri digunakan karena aromanya yang khas dan dapat mengeluarkan aroma masakan yang hangat.

Daun Seledri juga sering digunakan untuk hiasan guna mempercantik tampilan masakan ketika menyajikan makanan. Namun, manfaat daun seledri biasanya dilupakan dalam penggunaannya. Padahal daun seledri memiliki sangat banyak manfaat.

Apa manfaat daun seledri?

manfaat daun seledri

Manfaat dan Khasiat Daun Seledri


  1.     Seledri adalah tanaman herbal yang rendah kalori. Daun seledri hanya memiliki 16 kalori per 100 g dan mengandung serat yang non larut , apabila Anda kombinasikan daun seledri, maka Anda dapat menurunkan berat  dan kadar kolesterol dalam darah.
  2.     Daun seledri merupakan sumber makanan yang berguna sebagai antioksidan flavonoid yang berfungsi sebagai pelindung tubuh, meningkatkan imun tubuh dan mampu mencegah kanker.
  3.     Daun seledri adalah sumber vitamin A yang sangat baik.  Vitamin A dan beta karoten merupakan antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir agar tetap sehat.
  4.     Manfaat daun seledri selanjutnya adalah karena daun seledri mengandung asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C, zat-zat tersebut sangat penting untuk metabolisme yang optimal.
  5.     Daun seledri mampu menghasilkan minyak atsiri yang dapat diguakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu bagian biji seledri , dan akarnya memiliki sifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine), galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan, dan sifat tonik.

Daun seledri adalah sayuran yang rendah kalori dan penuh dengan nutrisi. Satu cangkir jus seledri yang masih segar yang dihasilkan dari empat cangkir seledri cincang mentah memiliki 65 kalori, kurang dari 0,7 gram lemak dan hampir 2,8 gram protein. Hal tersebut menyebabkan jus seledri menjadi pilihan jus sayuran yang baik. Sekitar 3,5-5 cangkir seledri per minggu Anda konsumsi direkomendasikan untuk pria dan wanita.

Berikut adalah manfaat dan khasiat seledri yang lainnya. Manfaat sepele yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda.
  1.     Seledri adalah sumber vitamin A dan juga zat besi lainnya seperti zat besi, kalium, dan mineral.
  2.     Kandungan vitamin daun seledri akan tetap utuh sebesar 80% walaupun telah dimasak.
  3.     Seledri sangat bermanfaat untuk para atlet, karena nutrisi daun seledri dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang.
  4.     Jika Anda merasa kepanasan karena sinar matahari, Anda dapat menurunkan suhu tubuh dengan jus seledri.
  5.     Seledri dapat menurunkan tekanan darah serta menjaga agar ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik.
  6.     Seledri mampu mencegah pembentukan batu di kantung empedu dan juga dapat menghindarkan Anda dari sembelit.

Anda juga bisa memanfaatkan seledri untuk kecantikan. Cukup dengan menghaluskan seledri bersamaan dengan batangnya, kemudian gunakan untuk keramas hingga merata. Diamkan kepala Anda selama satu jam  setelah itu bilas kepala Anda hingga bersih.

Lihat Juga Manfaat Buah Apel

Itulah manfaat dan khasiat daun seledri. Daun seledri jelas sangat mudah didapatkan, di pasar tradisional atau di swalayan sekalipun. Semoga bermanfaat.

Manfaat dan Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan | Solekhah Nur Hayati Widodo | 5

0 komentar:

Posting Komentar