Atasi Beberapa Penyakit Dengan Manfaat Buah Pare

Apa saja manfaat dari Buah Pare? pare, merupakan salah satu buah yang masukd alam kategori sayur mayur ini memiliki nama Latin Momordica. Bentuk buahnya yang  berwana Hijau kekuningan ini saat sudah masak sedikit kemerah-kerahan. Rasa buah pare yang pahit gurih ini dipakai dalam sayuran atau masakan. Tapi dibalik pahit itu ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dan mampu mengobati penyakit.

Manfaat buah pare untuk kesehatan tubuh ini banyak yang menganjurkan bagi penderita HIV dan AIDS, juga bisa digunakan untuk perawatan wajah. Buah Pare, di beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan Paria, labu pahit, atau karela ini banyak yang sudah mengetahui bahwa dapat mengobati kencing manis. Lalu apa saja manfaat buah pare dan keguaannnya?

Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan


Banyak kandunganyang terdapat dalam buah pare yang sangat diperlukan oleh tubuh dan mampu mengatasi berbagai penyakit. Berikut kandungannya :

Bagian Pare yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 77 %  mengandung :
- Energi = 29 kkal
- Protein = 1,1 gr
- Lemak = 0,3 gr
- Karbohidrat = 6,6 gr
- Kalsium = 45 mg
- Fosfor = 64 mg
- Zat Besi = 1 mg
- Vitamin A = 180 IU
- Vitamin B1 = 0,08 mg
- Vitamin C = 52 mg


Beberapa manfaat buah pare untuk pengobatan beberapa penyakit :

1. Pare dapat Mengobati Kencing Manis/Diabetes

Bagi yang menderita kencing manis atau diabetes, dianjurkan mengkonsumsi secara rutin jus pare setiap hari. Tetapi jangan terlalu banyak karena terlalu banyak pare bsia menyebabkan diare. Bagi ibu hamil dan menyusui, tidak dianjurkan karena bisa membahayakan kesehatan.

2. Biji Pare Bisa mencegah Virus HIV/AIDS

 Sebuah penelitian dari Universitas New York menemukan bahwa dalam biji pare tua terdapat senyawa yang berkhasiat mencegah perkembangan virus HIV/AIDS. Meskipun sampai saat ini belum ada keterangan resmi obat HIV dari biji buah pare, penemuan ini memicu perkembangan dunia kedokteran dalam memerangi penyakit mematikan ini.

3. Buah Pare Bisa Mencegah tumbuhnya Kanker

Untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh manusia, beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan dalam buah pare yang mengandung zat lesichin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ampuh membunuh perkembangan sel kanker. Pare mengandung kadar betakaroten lebih tinggi dua kali lipat dari brokoli. Sehungga Pare sangat bagus untuk membasmi sel-sel penyebab kanker, menghambat serangan jantung dan mengatasi infeksi karena virus.

4. Buah Pare daoat Merawat Kulit Wajah

Buah pare bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, dan menghilangkan noda hitam pada wajah. 

5. Buah Pare Bisa Menyembuhkan Sesak napas

Rasa pahit yang terdapat pada pare dapat membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk bergerak lebih lebar dan luas. Artinya saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara terjadi dengan lancar.

Lihat Juga Manfaat Buah Duku

Demikian mengenai Manfaat dan Khasiat Buah Pare. Anda bisa membaca manfaat dan khasiat buah lainnya di situs ini. Selain buah, kami juga menyediakan artikel mengenai Manfaat Daun, dan Manfaat Kulit, juga manfaat beberapa Sayur bagi kesehatan. Salam
Atasi Beberapa Penyakit Dengan Manfaat Buah Pare | Belinda Rosa | 5

0 komentar:

Posting Komentar