Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Apa saja Manfaat dari Buah Alpukat? Buah alpukat, selain untuk dibuat jus alpukat dan campuran es, ternyata Buah Alpukat juga memeiliki berkhasiat untuk perawatan dan mempercantik kulit wajah. Alpukta bisa melembabkan kulit kering. Kandungan Buah alpukat mampu merangsang pembentukan jaringan kolagen. tak hanya itu, dalam alpukat juga mengandung nutrisi kalsium, fosfor, zat besi, sodium, potasium, vitamin A, niacin dan vitamin C. Alpukat yang juga dikenal kaya akan vitamin E dan banyak vitamin B kompleks  berguna untuk kesefhatan kulit atau pun rambut.

Sedikit tentang Buah Alpukat, pada awalnya banyak ahli berpendapat bahwa asal buah Alpukat ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Terutama ketika ditemukan laporan penjelajah Herman Cortez (1519) ketika tiba di Meksiko, bahwa orang-orang Indian Aztec, Maya dan Inca sangat terbiasa mengkonsumsinya. Namun ternyata ia hanyalah tanaman pendatang di Amerika. Asli tanaman ini datang dari Persia. Oleh sebab itulah nama botani alpukat Persea American atau Persea gratissima Gaertn, yang termasuk ke dalam keluarga Lauraceae. Diduga ada ratusan jenis alpukat varitas budidaya (kultivar).

Manfaat Buah Alpukat


Di Indonesia jenis Alpukat dikenal sekitar duapuluh jenis. Varitas unggul dan enak buah ini memiliki ciri-ciri berdaging buah tebal, lembut, empuk, gurih, tidak berserat dan tidak terasa pahit. Dan semua varietas buah Alpukta yang ada memiliki kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang sama.

Kandungan Buah Alpukat


Alpukat termasuk buah yang istimewa karena kandungan lemaknya 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan Buah Alpukat yaitu lemak ini dapat memberikan energi yang cukup tinggi ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang dikandung buah ini termasuk lemak tak jenuh, sehingga mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. Kandungan lemak ini memberikan energi yang cukup tinggi dengan rasa yang gurih dan lezat serta tidak pahit.

Kandungan nutrisi dalam satu buah alpukat adalah sebagai berikut :
1. 95 mg fosfor
2. 23 mg kalsium
3. 1,4 mg zat besi
4. 9mg sodium
5. 1,3mg potasium
6. 8,6 mg niacin
7. 660 I.U. Vitamin A
8. 82 mg Vitamin C

Buah alpukat banyak mengandung mineral yang kesemuannya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia.

Alpukat juga merupakan sumber Vitamin E dan beberapa Vitamin B. Kandungan serat buah ini secara simultan juga dapat membantu proses pencernaan. Ia juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.

Manfaat Buah Alpukat


Manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan adalah :
1. Sumber Vitamin E dan B
2. Menurunkan kolesterol darah
3. Melembabkan kulit
4. Membantu regenerasi darah merah
5. Mencegah anemia
6. Mencegah konstipasi
7. Mencegah malnutrisi
8. Sumber kandungan lemak tak jenuh

Buah Alpukat kaya akan lemak yang baik atau yang disebut dengan LDL yaitu kolesterol yang cukup dan yang jika terlalu rendah justru tidak baik buat kesehatan. Jadi kolesterol nggak selamanya jahat. Jenis cholesterol inilah yang buat menyeimbangkan sama cholesterol jahat. Jadi intinya orang harus menyeimbangkan antara cholesterol yang jahat sama yang baik. 

 Lihat Juga Manfaat Buah Sirsak


Demikian mengenai manfaat buah Alpukat bagi kesehatan. Anda bisa membaca manfaat-manfaat lainnya bisa memalui kolom pencarian sesuai dengan yang anda inginkan. Salam.

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan | Belinda Rosa | 5

0 komentar:

Posting Komentar