Khasiat dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Apa saja Manfaat Buah Duku? Buah Duku yang masuk dalam kategori suku meliaceae adalah tanaman yang berasal dari daerah asia tenggara.  Buah yang hanay berbuah pada saat musimnya saja ini ternayta memiliki  banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Duku memiliki khasiat yang berguna sebagai pengobatan atau pencegahan sebuah penyakit. Penyakit apa saja yang bisa diobati oleh buah duku?

Manfaat dari duku yang bsia diambil adalah salah satunya yang paling populer adalah buah duku dapat mengobati penyakit diare dan demam tinggi. Beberapa kandungan nutrisi dalam buah duku diantaranya, energi, Protein, lemak, karbohidrat, fosfor, Kalsium, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, dan juga vitamin D sehingga buah duku memiliki banyak khasiat. Berikut beberapa manfaat buah duku bagi kesehatan


Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

1. Buah Duku dapat Memperlancar Sistem Pencernaan

Salah satu khasiat dari buah duku berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan dietary fiber atau serat yang tinggi dapat memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Sedangkan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan manfaat buah apel.

2.  Buah Duku Bisa Mengobati Cacingan

Manfaat dari Buah Duku juga bisa mengobati cacingan. Caranya bisa dengan dijuz atau dimakan langsung

3. Buah Duku mampu Menurunkan Demam Tinggi

Bagi yang memiliki anak yang terserang demam tinggi, bisa dengan membuat ramuan dari Duku. Cara membuatnya dengan ditumbuk dan ditambah air, lalu diminumkan sehari sekali.

4.  Buah Duku Dapat Mengendalikan Kolesterol dalam Darah

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi memang sulit. Tetapi dengan terapi manfaat buah duku bsia dikendalikan. Cukup dengan mengkonsumsi secara rutin dengan dimakan seperti biasa,  kandungan vitamin C di dalamnya dapat mengendalikan kolesterol dalam darah karena berguna dalam membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu.

5. Buah Duku Dapat Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat buah duku lainnya, bisa untuk diet. Buah duku membantu tubuh memproduksi carnitine yang mampu membantu pembakar lemak.

6.  Buah Duku Dapat Menjaga Kesehatan Gusi, Mencegah Penuaan Dini, dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah duku membuat buah yang satu ini memiliki banyak khasiat. Kita sudah tahu bahwa Vitamin C abnyak dibutuhkan dalam tubuh. Selain dapat menjaga kesehatan gusi, vitain C juga berperan menangkal radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini dan meningkatkan sistem imunitas tubuh

Selain Manfaat Kesehatan, Buah Duku juga bermanfaat bagi Kecantikan wajah, diantaranya:

a. Buah Duku Dapat Menghilangkan Jerawat
Kandungan dalam muah, biji, dan juga kulit duku mengandung senyawa yang bersifat sebagai antibakterial. Senyawa inilah yang mampu mengatasi jerawat akibat dari kuman ataupun bakteri pada bagian pori-pori kulit. Dengan menggunakan masker buah duku secara rutin, maka wajahakan terbebas dari masalah jerawat secara bertahap dan juga menghilangkan bekas jerawat.

b. Buah Duku Menjaga Kelembaban Alami Rambut
Kandungan Protein dalam Buah duku juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut. Untuk merawat kecantikan rambut, Anda dapat menggunakan hair mask dari buah duku.

c. Buah Duku Menjaga Kecantikan Kuku
Beberapa wanita menggunakan buah duku untuk dioleskan di atas permukaan kuku untuk memperoleh hasil kuku yang jernih dan berkilau.

Lihat Juga Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Demikian mengenai Khasiat dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan. Anda bisa membaca manfaat dan khasiat buah lainnya di situs ini. Selain buah, kami juga menyediakan artikel mengenai Manfaat Daun, dan Manfaat Kulit, juga manfaat beberapa Sayur bagi kesehatan. Salam
Khasiat dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan | Belinda Rosa | 5

0 komentar:

Posting Komentar